Upgrade Yamaha Mio edisi lawas (part 2)

Akhirnya, setelah berpusing-pusing mencari spare-part untuk upgrade si Mio (upgrade ringan si Mio biru disini…) punya istri, sudah dapat sebagian.
Yaitu kunci kontak Mio Soul, dan foot step belakang Mio Sporty 2011. Adalah Yamaha Manunggal Jaya Motor yang menjadi tujuan akhir saia setelah putar-putar di beberapa bengkel resmi Yamaha. Meski tampak luar kecil, ternyata bengkel ini super lengkap–kap–kap. Malah jadi referensi dari beres Yamaha lain di Malang. Terbukti, kunci kontak yang beberapa bengkel gak sedia, dengan gampang diperoleh disini.
CUkup menukar IDR 205.000 (hanya selisih IDR 3.000 dari price list :mrgreen) sudah didapat berikut kunci pembuka jok dan 2 pc kunci.

Setelah upgrade part 1 yakni ganti behel belakang dengan versi 2009, menggantikan besi krom aslinya, kemudian cover knalpot ganti pula dengan cover knalpot versi 2011, bagian yang agak ribet ini. Kenapa kok ribet??
Lha kalo mau pasang kunci kontak punya Mio SOul, harus sedikit bobok/gerinda dek tempat kunci kontak asli bertengger. Meski dudukan sama persis, tapi bentuk luar kunci Soul yang dilengkapi penutup magnet ini, lebih besar dari kunci Mio biasa dan berbentuk agak kotak.

Prosesnya, harus lepas dek belakang bawah spido (tempat kunci kontak), lantai+bagian bawah, juga sekalian legshield (bodi depan). Kalo nggak, bakalan sulit buat lepas kunci lama.

lepas bodi depan

lepas bodi depan


lepas dek belakang dan lantai

lepas dek belakang dan lantai


Kalo sudah terlepas semua part bodi depan dan tengah, bakalan terlihat jelas posisi kunci kontak.
posisi kunci asli

posisi kunci asli


Mumpung sekalian dilepas, ada baiknya dibersihkan bagian sasis dan area yang nyempil alias selalu tertutup cover bodi dkk. Lebih bersih dan cling kan?? Jangan lupa keringkan maksimal, agar tidak berpotensi menimbulkan karat pada sasis/rangka.
sekalian bersih-bersih kolong

sekalian bersih-bersih kolong


Beres menelanjangi, langsung lepas kunci kontak lama, gunakan kunci L. Lepas soket kabel, trus langsung saja pasang kunci Soul. Dudukan sama, soket sama tinggal plek.
pasang kunci kontak Soul pake kunci L

pasang kunci kontak Soul pake kunci L


pasang soket kabel kontak

pasang soket kabel kontak


Karena pembelian kunci kontak Mio Soul sepaket dengan kunci jok, sekalian aja dipasang menggantikan aslinya. Biar gak ribet bawa 2 kunci, satu kunci kontak, satu kunci khusus jok. Intip bagian bawah jok, tempat sang kunci jok bersarang.
pasang kunci jok

pasang kunci jok


Akan terlihat baut + gede penguncinya. Biasanya, agak keras buat buka baut + ini, disarankan pake obeng ketok supaya gak dol kepala bautnya.
buka baut + pengunci

buka baut + pengunci


Sudah terlepas?? Nah, untuk mencopotnya, perlu buka baut sepatbor belakang, pake kunci T-10. Sebelumnya lepas lampu belakang dulu biar bisa tahu posisi baut 10 sepatbor.
buka baut sepatbor

buka baut sepatbor


Sepatbor belakang gak usah dilepas, cukup lepas baut, supaya bisa sedikit digoyang, buat jalan melepas kunci jok. Tarik keluar, kemudian lepas kaitan nipel kawat penarik. Copot deh kunci jok lawas.
pindah nipel + kawat penarik ke kunci baru

pindah nipel + kawat penarik ke kunci baru


Terus pasang nipel kawat penarik ke kunci jok baru, kemudian masukkan dan posisikan di lubang aslinya. Paskan dengan kepala baut + pengunci, lalu kencangkan. Beres deh…
kunci jok baru terpasang

kunci jok baru terpasang


Tinggal kerjaan yang perlu ketelatenan, yaitu coak lubang bekas kunci kontak lama.
beda lubang kunci asli lama - baru

beda lubang kunci asli lama - baru


Sebelumnya, buat mal di dek bagian belakang, persis di lubang bekas kunci lama. Ini yang harus telaten, karena harus diperlebar sedikit-sedikit supaya pas dengan kunci kontak Soul. Paling bagus sih pake bor tuner, itu lho, alat buat reamer/perbesar venturi karburator. Kalo pake itu, bisa halus coakannya. Berhubung ga punya, yah pake alat seadanya yaitu solder listrik dan kikir :mrgreen: Ya dimaklumi kan kalo hasilnya agak kasar dan gak ngepas….perlu jam terbang lebih tinggi nih tangannya πŸ˜†
hasil akhir kunci gak rapi :mrgreen:

hasil akhir kunci gak rapi :mrgreen:


Beres dan sudah pas, pasang semua bodi ke posisi-nya. Nah, jadi keren dan tambah aman kan pake kunci kontak magnet???

Kalo footrest?? Ini kayaknya dan harus ke tukang las. Karena, harus bikin dudukan/braket buat sang footstep yang dilas ke sasis bawah. Terbayang deh, bongkar dek bawah trus ngelas listrik buat dudukan di rangka…sementara ditunda dulu deh, nunggu waktu luang lagi…

37 comments on “Upgrade Yamaha Mio edisi lawas (part 2)

    • Harus ngelas dudukan ke rangka mas. Footstep bisa beli ke bengkel, dudukan yg harus bikin di tukang las, sekalian dilas ke rangka.
      Juga harus sedikit coak bodi biar footstep bisa nongol keluar

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s