Mengenal Livina generasi terbaru, MPV rasa SUV lansiran Nissan

Pagi masbro..

Sudah agak lama nih ya, nggak bahas R4 alias mobil? Yuk, pemanasan dulu… kali ini , yang saia bakal ulas alias review adalah sosok MPV bongsor lansiran Nissan, yaitu Nissan Livina. Mobil pabrikan Nissan yang satu ini merupakan mobil yang mengisi segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia.

Buat informasi nih, Nissan Livina pertama kali diperkenalkan pada tanggal 6 Juli 2006 oleh Nissan Motors yang bekerjasama dengan Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company dalam ajang Guangzhou International Motor Show.

Barulah pada tahun 2007, Nissan Livina diluncurkan untuk pasar otomotif di Indonesia. Pada awal kehadirannya, Nissan Livina tersedia dalam dua versi, yakni 5 penumpang dan 7 penumpang. Versi 7 penumpangnya ini disebut dengan nama Nissan Grand Livina.

Setelah mendapatkan beberapa pembaruan, Nissan Livina hadir dengan beberapa tipe baru. Model Nissan Grand Livina pun akhirnya berhenti diproduksi dan semua model berada di bawah nama merek Nissan Livina. Apa saja sih, yang ditawarkan generasi Nissan Livina ini, sehingga pantas disebut MPV rasa SUV? Yuk, kita ulik bareng-bareng

Dimensi Bodi Nissan Livina

Dilansir dari Otoloka.id dalam konten berjudul Review Nissan Livina, sebagai mobil MPV, Nissan Livina hadir dengan bodi yang cukup besar. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Wheelbase atau jarak sumbu rodanya berukuran 200 mm, sementara radius putarnya memiliki ukuran 5.500 mm. Dengan bodi seperti ini, Nissan Livina pun andal dibawa ke segala medan, layaknya mobil SUV. Tuh, gede juga kan?

Keandalannya ini bukan hanya karena ground clearance yang tinggi, tetapi juga berkat penyematan sistem suspensi yang mumpuni. Pada mobil ini telah disematkan suspensi depan MacPherson Strut dengan Stabilizer dan suspensi belakang Torsion Beam dengan Stabilizer.

Untuk roda, mobil ini menggunakan ban berukuran 205/55. Sedangkan peleknya menggunakan pelek alloy berukuran 16 inci.

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Nissan Livina

Selanjutnya pada review singkat ini kita akan membahas tentang spesifikasi mesin dari Nissan Livina. Mobil ini memiliki mesin dengan performa yang cukup baik.

Sebagai jantung mekanisnya, Nissan Livina mengandalkan mesin 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.499 cc yang dilengkapi dengan DOHC dan Twin VTC (Variable-valve Timing Control).

Mesinnya ini dikombinasikan dengan 2 pilihan transimi. Yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Di atas kertas, mesin Livina bisa menghasilkan tenaga sebesar 102 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Raihan torsinya sendiri bisa mencapai 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Mari kita lihat lebih jelas spesifikasi mesin Nissan Livina pada tabel berikut.

KETERANGANSPESIFIKASI MESIN
Mesin4 silinder segaris 16 katup dengan DOHC dan Twin VTC
Kapasitas1.5 L (1.499 cc)
TransmisiManual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
Tenaga102 HP @ 6.000 rpm
Torsi141 Nm @ 4.000 rpm
Konsumsi BBM Dalam Kota11,5 km/liter
Konsumsi BBM Luar Kota16 km/liter

Fitur Nissan Livina

Bagian fitur tentu saja tidak boleh terlewat dari review singkat Nissan Livina ini. Sebagai mobil MPV yang banyak digunakan sebagai alat transportasi keluarga, Nissan Livina ini memang dibekali dengan fitur yang cukup lengkap.

Untuk fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci dengan fungsi radio, smartphone connectivity (Android Auto/Apple CarPlay), Bluetooth, hingga USB Port.

Lalu untuk fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi dengan Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan sistem alarm. Kemudian untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan Dual SRS Airbags untuk penumpang depan dan pengemudi.

Sementara untuk menjamin keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini juga dilengkapi dengan ISOFIX. Sebagai fitur keselamatan aktifnya, Livina sudah dibekali dengan Rearview Camera, Parking Sensor, Vehicle Stability Control System, serta Uphill & Downhill Assist Control.

Bukan itu saja, mobil ini juga dibekali sistem pengereman Anti-lock Braking System, Brake Assist, dan Electronic Brake Distribution.

Varian dan Harga Nissan Livina

Pada bagian terakhir dari review singkat ini, mari kita bahas soal varian dan harga dari Nissan Livina. Untuk pasar Tanah Air, saat ini Nissan Livina dipasarkan dalam tiga varian.

Ketiga varian Nissan Livina ini dibanderol dengan kisaran harga IDR 224,3 jutaan hingga IDR 264,1 jutaan. Agar lebih jelas, mari kita lihat rincian harganya pada tabel berikut ini.

VARIANHARGA
Nissan Livina 1.5 EL MTIDR 224.300.000
Nissan Livina 1.5 VE ATIDR 251.850.000
Nissan Livina 1.5 VL ATIDR 263.100.000

Sudah jauh lebih paham jadinya kan, soal Nissan Livina ini? Ah, saia jadi gatel nih, kepingin review dan tes drive langsung si Vivin ini.

Semoga berguna

One comment on “Mengenal Livina generasi terbaru, MPV rasa SUV lansiran Nissan

  1. Pingback: Mengenal Livina generasi terbaru, MPV rasa SUV lansiran Nissan - Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s