Posisi jari tangan zero pada motor kopling, banyak manfaatnya

Pagi masbro..

Merangkum dari beragam informasi seputar safety riding, baik yang saia lakoni sendiri via praktek maupun informasi lain dari banyak media, posisi jari tangan saat berkendara, terutama pengguna motor manual berkopling, memang disarankan zero. Maksudnya zero, posisi jari tangan tidak ada yang menempel pada tuas rem depan dan tuas kopling.

Jadi, sepenuhnya, jari tangan menggenggam setang. Tentunya saat berkendara, alias sudah berjalan normal dan melepas tuas kopling. Nah, ternyata, ada beberapa manfaatnya nih, posisi zero seperti ini. Memang sih, perlu membiasakan diri, terutama yang terbiasa meletakkan jari tangan selalu standby di tuas rem depan maupun tuas kopling. Pingin tahu nggak, apa saja manfaatnya?

  • Lebih stabil

Dengan menggenggam setang penuh oleh 10 jari tangan, jelas, kestabilan saat bermotor tercapai. Tangan juga lebih sigap saat diperlukan mengubah arah motor mendadak atau manuver dadakan, karena tenaga bisa disalurkan kepada 10 jari tangan kanan dan kiri

  • Tidak pegal/kram di tangan

Jari tangan yang semuanya menggenggam, posisinya akan lebih rileks dibandingkan yang terbagi, antara sebagian menggenggam setang sebagian standby di tuas rem dan tuas kopling. Cobain deh, ya sebabnya, karena sebagian lurus, sebagian menekuk, sehingga selain tidak nyaman, juga bakal lebih cepat pegal, bahkan bisa kram juga kalau dalam posisi tersebut hingga waktu yang cukup lama

  • Terhindar dari jari terjepit tuas kopling

Yang ini, merupakan manfaat yang didapat saat terjadi situasi darurat, bagi pengendara motorsport, atau kopling manual. Saat mengerem mendadak, secara reflek, selain jari tangan kanan menekan tuas rem depan maksimal, jari tangan kiri juga menekan tuas kopling, supaya motor los/bebas, menghentikan penyaluran tenaga ke roda. Nah, bila posisi jari tangan ada 1 atau 2 yang standby , seperti misal jari telunjuk dan jari tengah, sementara jari manis dan kelingking masih standby di setang, resikonya ya jari yang standby di setang bakal terjepit tuas kopling yang ditarik maksimal.

Yuk, tetap berkendara dengan aman di jalan yaa

#cariaman

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s