Benelli Imperiale 400, si klasik 33 jutaan

Pagi masbro..

Pasar motor modern yang punya tampilan (dan fitur) retro, memang cukup diminati. Nggak hanya di tanah air saja, tapi di banyak belahan dunia juga.

Pabrikan Benelli, yang juga turun dikelas, eh, pasar retro juga terus bergerak. Setelah bergosip di bulan Agustus 2019 silam, bahwa akan menelurkan seri Imperiale dengan harga “terjangkau”, plus memperkenalkan sosoknya pameran EICMA Motorcycle 2017, akhirnya versi nyata alias produksi massal Imperiale diperkenalkan ke publik.

Nah, akhirnya, pekan lalu Benelli Imperiale 400 dirilis. Benelli yang modelnya adopsi dari Motobi, merk yang sudah diakuisisi Benelli.

Punya mesin berbasis SOHC 373,5 cc silinder tunggal dengan injeksi bahan bakar yang diklaim menghasilkan tenaga sekitar 21 HP pada 5.500 rpm dan torsi 28 Nm pada 3500 rpm.

Motor ini, diperkenalkan pada publik India.  Menggunakan gearbox 5-kecepatan yang disalurkan melalui penggerak rantai ke roda belakang. Imperiale 400 memakai sasis alias rangka tabung baja double-cradle untuk menopang mesin dan pengendara. Suspensi mengandalkan garpu teleskopik di depan dan peredam kejut ganda di bagian belakang.

Motor penjelajah atau cruiser yang bertampilan vintage ini dilengkapi sistem pengereman dengan rem cakram di  roda depan belakang plus sistem ABS dual-channel sebagai standar. Weh, tampilan jadul tapi modern kan? Motor ini memiliki bobot kosong 200 kilogram dan kapasitas tangki bahan bakar 12 liter.

Soal krusial nih. Harga Benelli Imperiale 400 di India , ternyata sangat terjangkau untuk ukuran motor kubikasi 400cc. Yaitu “hanya” mulai 169 ribu Rupee. Kalau dikonversi ke matau uang kita, rupiah, harga Benelli Imperiale 400 kira-kira di angka IDR 33.418.196.

Kok bisa murah di India sono?? Harga itu bisa ditekan rendah, karena pabrik Benelli India memproduksi sendiri beberapa bagian Imperiale 400. Kayak ban, pelek, rem sampai perangkat elektroniknya, dibuat lokal di India entah vendor atau pabrikan Benelli sendiri, saia kurang paham. Belum nanya kesono sih.

Kalau dari sisi klasifikasi, Imperiale 400 ini akan berhadapan dengan Royal Enfield Bullet 350 dan 500. Bullet 350 mengandalkan mesin berkapasitas murni 346 cc yang mampu menghasilkan tenaga 19.8 HP. Motor ini dipasarkan di Indonesia sekitar IDR 64,5 juta. Adapun Bullet 500 mengandalkan mesin 499 cc dengan tenaga maksimal 27.2 HP yang dijual dengan harga IDR 81 jutaan

Nah, kira-kira kalau Si Imperiale 400 dijual di Indonesia, dibanderol berapa nih? Yang jelas, kalau 33 jutaan, sama dengan India kayaknya susah deh, hehehehe. Pajak macam-macam, pasti akan membengkakkan harga jual. Eh iya nyaris lupa, ada 3 varian warna Benelli Imperiale 400 yang bisa dipilih, yaitu merah, hitam dan putih.

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s