Motor jarang dipakai, jadi nggak perlu diservice? Salah besar

Pagi masbro..

Sebuah kendaraan yang jarang dipakai, tetap membutuhkan perawatan kendaraan. Walaupun tidak rutin dipakai, beberapa komponen tentu mengalami penurunan fungsi yang akan mengganggu pada performa sepeda motor. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa motor yang jarang dipakai tidak perlu diservis. Padahal hal tersebut dapat berakibat buruk terhadap kondisi kendaraan.

“Motor yang jarang digunakan juga tetap memerlukan perawatan rutin. Jadi tidak ada alasan bagi pemilik kendaraan untuk tidak merawat motor miliknya. Meski tidak dipakai, tidak ada salah nya untuk tetap memanasi motor agar sirkulasi oli mesin tetap terjaga. Jika memang motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya kabel accu/baterai dilepas agar tidak habis. Pemilik kendaraan juga wajib memastikan bahwa kendaraan disimpan ditempat yang aman tidak terkena paparan sinar matahari maupun hujan,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Perawatan kendaraan dapat meliputi penggantian oli mesin yang wajib dilakukan secara berkala. Sebab kelembapan dari udara dapat mengurangi efektivitasnya sebagai pelumas dan mengganggu kinerja mesin karena kotoran yang mengendap. Selain itu, bahan bakar yang ada dalam tangki motor juga dapat mengalami penguapan atau oksidasi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem bahan bakar.

Tekanan udara pada ban juga akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Lebih parahnya lagi, kondisi ban dapat retak karena permukaannya terlalu lama terpapar udara tanpa adanya berat dari motor. Sistem pengereman juga menjadi hal utama yang tidak luput dari pengecekan kondisi kendaraan. Cairan rem tentu akan menyerap kelembaban dari udara dan berpengaruh pada efektivitas pengereman.

Dengan demikian pemilik kendaraan disarankan untuk tetap rutin melakukan perawatan kendaraan atau service secara berkala untuk menghindari dampak negatif pada kendaraan. Sehingga motor dapat beroperasi dengan optimal tanpa adanya masalah. Keuntungan dari service berkala juga dapat membantu pemilik kendaraan mendeteksi lebih dini adanya kerusakan pada kendaraan, sehingga dapat segera diperbaiki dan tidak mengganggu komponen lainnya.

Semoga berguna

Leave a comment