Instruktur safety riding AHM dan MPM raih juara kompetisi internasional di Jepang

Pagi masbro..

Tuntas sudah, kompetisi bertaraf internasional instruktur safety riding, yaitu The 19th Safety Japan Instructors Competition 2018 di Suzuka, Jepang. Terhitung, ada 11 negara yang ikut andil dalam kompetisi tahunan ini, termasuk Indonesia. Yang membanggakan, instruktur safety riding Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM), mampu mencatatkan prestasi yang luar biasa.

Adalah Ibnu Fachrizal, instruktur safety riding dari Astra Motor Samarinda ini, menyabet 2 gelar juara 1 sekaligus. Yaitu juara 1 di kelas CB400 dan kelas Overall group CB400. Ajegile… motor yang termasuk big bike ini, enteng aja ditekuk kanan kiri dan diajak lincah melibas semua tahapan kompetisi. “Pertama kali ikut kompetisi ini saya langsung turun di kelas 400cc. Cukup grogi melihat peserta dari negara lain. Namun atas latihan intensif dan dukungan dari banyak pihak akhirnya saya bisa persembahkan podium juara pertama ini untuk Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan. Pencapaian ini modal buat saya untuk memperkuat program edukasi safety riding bagi pecinta sepeda motor di Tanah Air,” ujar Ibnu seusai pengumuman pemenang.

Sementara itu, instruktur dari Indonesia lainnya, Hari Setiawan yang merupakan instruktur utusan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Jawa Timur, juga mampu menjadi juara. Hari, meraih juara kedua pada kelas MSX 125. Hari menuturkan low speed balance yang dikompetisikan tahun ini merupakan jenis rintangan di mana semua peserta belum mengetahui bagaimana bentuk rintangan yang diberikan. “Justru ini tantangan bagi kami bagaimana menaklukan rintangan tersebut sehingga kami bisa tampil optimal dengan berbekal latihan yang sudah dilakukan sebelumnya,” ujar Hari.

General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM A. Indraputra mengatakan prestasi para instruktur safety riding dalam ajang kompetisi internasional ini akan ditularkan kepada 150 instruktur yang dimiliki oleh AHM di seluruh main dealer Honda sepulang para juara ini ke Tanah Air.

“Sungguh suatu kebanggaan bagi kami bahwa instruktur safety riding binaan AHM mampu menorehkan prestasi di kancah Internasional. Melalui kompetisi ini, ilmu dan pengalaman yang telah diraih oleh para peserta dapat menjadi bekal dalam penyebaran virus keselamatan berkendara kepada masyarakat luas sekembalinya mereka tiba di Indonesia,” ujar Indraputra.

Senada, Marcomm & Development Division Head MPM, Suhari mengatakan sangat bangga sekali instruktur safety riding MPM 3 tahun berturut – turut berhasil meraih juara pada kompetisi international. Ini membuktikan bahwa kemampuan instruktur safety riding MPM sudah diakui dan kompetitif di level international. Dan selama 3 tahun berturut turun ada juara baru yang di lahirkan dari Jawa Timur.
” Dengan prestasi ini semakin memacu MPM untuk semakin aktif peduli edukasi keselematan berkendara dan selalu berprestasi nasional maupun internasional di masa mendatang” kata Suhari

Ajang kompetisi bertaraf International ini berlangsung pada 18-19 Oktober 2018 di Suzuka Circuit Traffic Education Center (STEC), Japang. Setiap tahun AHM mengirimkan instrukturnya pada kompetisi ini dan tahun ini sudah memasuki tahun ke-11. Pada setiap kompetisi, peserta harus mampu melewati uji pengetahuan terkait keselamatan berkendara baik secara teori dan praktik. Ujian teori meliputi pemahaman secara menyeluruh terkait ilmu pengetahuan serta teknik berkendara yang aman. Pada ujian praktik, peserta harus mampu menunjukkan keterampilan berkendara terbaiknya yang meliputi teknik pengereman, pengendalian kestabilan, pengoperasian sepeda motor dan posisi berkendara yang baik dan benar di berbagai kondisi melalui sesi praktik braking, low speed balance, dan slalom course.

Keikutsertaan instruktur Indonesia binaan AHM yang turut berkompetisi dalam The 19th Safety Japan Instructors Competition merupakan bagian dari kampanye AHM dan jaringannya dalam melatih dan meningkatkan skill instruktur safety riding guna mewujudkan kepedulian terhadap keselamatan berkendara. AHM konsisten menggulirkan kampanye budaya aman dan nyaman dalam berkendara. Salah satunya dengan gaya bahasa khas anak muda melalui tagline #Cari_Aman. Dalam kurun waktu 16 tahun, AHM melakukan pengembangan kampanye safety riding melalui berbagai macam program di Tanah Air. Didukung oleh 150 instruktur safety riding yang mumpuni dan 929 unit Honda Riding Trainer (HRT) sebagai alat simulasi berkendara yang tersebar di seluruh jaringan distribusi main dealer sepeda motor Honda sudah lebih dari 20 juta masyarakat telah teredukasi dengan baik.

Sejalan dengan program AHM, setiap tahunnya rata – rata MPM telah melakukan edukasi sebanyak 300 event dengan total jumlah masyarakat yang sudah di edukasi sebanyak 5000 orang di wilayah Jawa Timur dan NTT. Edukasi mulai dilakukan pada anak usia dini, sekolah – sekolah , perusahaan swasta maupun milik pemerintah dan juga masyarakat umum. Setiap hari Kamis, MPM mengadakan pelatihan safety riding di MPM Safety Riding Center yang bertempat di MPM Sedati , Sidoarjo. Pelatihan tersebut terbuka untuk umum baik pemula yang ingin lulus uji sim sampai masyarakat luas yang ingin meningkatkan skill berkendaranya

 

Semoga berguna

 

2 comments on “Instruktur safety riding AHM dan MPM raih juara kompetisi internasional di Jepang

Leave a comment