Modifikasi iseng, pasang visor Honda CS-1 di Honda New CB150R Stallion Black

Pagi masbro..

Modifikasi ringan yuk? Lagi-lagi, bisa dilakukan sendiri nih, nggak perlu ke bengkel dan lumayan hemat jadinya, nggak pakai ongkos, hehehehe. Berawal dari iseng, melihat sebiji visor Honda CS-1 yang tergeletak pasrah diatas lemari tempat spare-part bongkaran motor. Beberapa pretelan komponen sepeda motor yang saia utak-atik dan dilepas, memang saia tempatkan di wadah khusus. Ya supaya tidak tercecer, dan bila hendak mengembalikan ke kondisi standart alias orisinal, gampang ditemukan. Maklum, sering lupa 😆

Visor CS-1 ini, sebelumnya terpasang di Honda OCB putih, si ciput. Karena yang pakai adik, dan nggak begitu suka sama konde ini, dilepas deh dan ditaruh sembarangan sampai berdebu. Pas bersih-bersih rumah kapan hari, ketemu si barang ini. Setelah dicuci dan dibersihkan, part lumayan susah didapat ini ternyata masih sangat layak pakai (baca : pantas dipasang) Apa dijual aja ya? pikir saia sambil mengeringkan dengan lap si visor ini. Lha, pandangan lalu beralih ke si bleki yang nongkrong di teras rumah. Bawaan Honda New CB150R SE Stallion Black ini, memang sudah dilengkapi aksesoris berupa cover mesin dan visor mungil didepan batok spidometer. Berbeda dengan NCB versi reguler yang nggak ada terpasang dua item itu.

Lalu colak-colek si bleki, sambil mengamati baut dudukan visornya. Hmm..kayaknya bisa nih dipasang di NCB, gumam saia. Mumpung rehat, gak ngapa-ngapain. Ambil kunci L kecil, lupa nih ukurannya. Pokok pas dengan baut pengunci visor asli NCB. Tak lama, terlepaslah 4 baut pengikat tadi. yang terhubung dengan cover penutup batok spidometer.

Pas dijejerkan, lumayan juga bedanya, terutama panjang visor. Punya CS-1 jauh lebih panjang dibanding bawaan NCB

Coba mengepaskan visor CS-1 ke dudukan NCB, hmm, nggak pas semua nih. Sekedar info, ada 6 lubang baut pada visor CS-1. Setelah coba-coba intip dan mengepaskan, ternyata yang bisa masuk hanya sepasang lubang baut, yaitu bagian paling bawah.

Ya wis, akhirnya saia coba pasang deh. Memanfaatkan baut L kecil orisinal NCB, dalam waktu singkat terpasang deh. Lubang baut paling bawah pada visor, juga lubang baut terbawah pada dudukan di kepala NCB. Pas.

Kencangkan dengan hati-hati, jangan kelewat kencang ya, khawatir slek, dol dan patah. Oh iya, dudukan di NCB sudah dilapis dan berbahan karet elastis, jadi bisa meredam getaran, nggak kaku dan keras. Relatif aman memegang visor yang notabene bahannya semacam akrilik yang rentan pecah, apalagi bila kelewat keras pengikatnya. Lalu, gimana penampakan si visor CS-1 saat terpasang di NCB?

Lumayan juga ya, meski rada mirip sama tampang reog Ponorogo ya?:mrgreen: Ah, yang penting saia suka kok. Dan ternyata, meski hanya terikat dua baut L paling bawah, sudah sangat kuat visornya duduk manis. Sudah teruji ratusan kilometer nih, nggak ada keluhan, entah kendor atau apapun. Getaran juga nggak ada, termasuk bunyi aneh-aneh, meskipun jalan yang dilalui kadang juga keriting tak rata :mrgreen:

Ujung bawah visor memang sedikit menutup bagian atas headlamp NCB, tapi nggak jadi masalah. Ya karena nggak menghalangi pancaran sinar dari si lampu depan ternyata. Tetap terang menyorot kedepan, nggak ada sorotan yang terpotong karena terhalang.

Nah, kepingin juga nggak? Cari deh bahannya di toko aksesoris kalau mau cari yang KW alias non orisinal. Kalo aseli, biasanya di bengkel resmi adanya, dan harap bersabar, rada susah dicari. Lha wong motornya aja emang sudah discontinue :mrgreen:

This slideshow requires JavaScript.

Semoga berguna

19 comments on “Modifikasi iseng, pasang visor Honda CS-1 di Honda New CB150R Stallion Black

    • masuk kok bang, lubang baut visor yang paling bawah, dipasangkan dudukan baut di batok spido yang bawah juga
      jadi visornya agak diturunin sedikit, nutup dikiiit lampu depan bagian atas, kayak poni.
      dipaskan dulu antar lubang bautnya

      Like

Leave a comment