Honda SS 150 Racer, cadas nih tampilannya

Pagi masbro..

Thailand, memang salah satu acuan otomotif di Asia, termasuk negeri kita ini. Modifikasi, Thailand-Indonesia sama kencangnya, termasuk juga pabrikan sepeda motornya. Honda Thailand, beberapa waktu lalu memunculkan motor konsep mereka di kelas sport 150cc, yang dinamai 150SS Racer. Waduh, apaan lagi ini??

Penampakan motor ini, sangat menyita perhatian. Lha wong desainnya nggak umum tuh. Gaya retro dipadu modern. Ajibbb… Buritan pendek macam motor caferacer, dipadu dengan roda kekar dan besar. Sekilas, rada bobber ya…gendut sih ban-nya.

Bodi ringkasnya, yang kemungkinan memang prioritas untuk single seat alias motor egois, mengarah ke retro, tampak dari bentuk tangki yang meski besar tapi tidak menyiku kekar ala motorsport, lebih membulat dinamis. Pas banget dengan headlamp yang bulat klasik.

Bumbu modern, terlihat dari mesin DOHC 150cc yang basisnya adalah Honda CB150R CMIIW dengan rangka/sasis trellis-nya. Hmm…lagi-lagi, masih dipadu kesan retronya dengan knalpot bermoncong ala bambu runcing berdesain underbelly, alias knalpot kolong. Benar-benar kombinasi klasik dan modern nih, apalagi kalau melirik model cakram depan belakang yang polos, layaknya motor jadul. Kalau motor sekarang kan dihiasi lubang-lubang sebagai pelepas panas, jaman dulu nggak. Tengok aja Yamaha RX-K, atau Honda GL125 tahun 1980an…cakramnya polos aja.

Tambahan bumbu modernisasi pada motor konsep ini, adalah absennya spion yang digantikan oleh kamera yang terpasang pada ujung bodi belakang. Yang masih tanda tanya, tampilan pandangan belakang rider munculnya di layar dasbor atau malah terintegrasi dengan helm ya?

Sayang, menurut informasi, ini motor masih merupakan protoype. Hems….masih jauh nih kayaknya kalau mau produksi massal, hehehehe.. Paling jauh, kalau ingin kayak gitu, modifikasi saja jalan termudahnya. Honda OCB/NCB 150 R siap diobrak-abrik. Kan sudah mirip  tuh, basis mesin dan sasisnya, tinggal melengkapi saja dengan tangki, jok dan part lainnya, seperti sokbreker depan model up side down serta termasuk sepertinya nih, mutilasi sasis belakang jadi lebih pendek.

Ada yang mau mencoba?

13 comments on “Honda SS 150 Racer, cadas nih tampilannya

Leave a comment