Membandingkan, bohlam H4 headlamp Honda (Old) CB150R

Halo masbro dan mbaksis, sugeng enjang..

Pagi ini, artikel soal sektor penerangan ya. Karena menteri penerangan sudah nggak ada, makanya saia ambil alih. Halah πŸ˜† πŸ˜†Β  Kali ini soal lampu depan si Ciput, Honda CB150R Streetfire tunggangan harian saia. Eh, gak hanya harian sih, mingguan, bulanan, juga tahunan saia tunggangi, lha yang dipunyai ya itu, hehehehe..

ciputSeperti diketahui, spesifikasi di headlamp, alias lampu depan CB150R, menggunakan bohlam halogen, dengan tipe H4. Kelebihan model/tipe bohlam ini, gampang untuk mencari substitusi alias pengganti. Cari saja bohlam H4 untuk mobil, pasti PnP, alias tinggal colok. Awas, sesuaikan daya ya…jangan berlebihan. Bawaan CB150R, bohlam H4 berdaya 60/55w. Merknya, ada beberapa vendor yang digunakan PT AHM. Ada Life, ada pula merk lain. Kebetulan, yang saia punya Life-Japan. Sudah agak lama saia lepas, karena pakai bohlam LED, simak dimarih masbro.

Nah, kali ini, akan saia buat perbandingan, beberapa bohlam yang ada di rumah πŸ˜† , kala ditancapkan di headlamp Ciput. Apa saja nih? Yang ada dan tersedia adalah : Bohlam Life H4 60/55w orisinil bawaan CB150R, Osram Rally 100/90w, Osram Night Breaker 60/55w serta LED cree model corong yang terpasang di headlamp. Semuanya bertipe H4.

kika-rally-nbr-life2

ki-ka : osram rally 100/90w, osram nbr 60/55w, life 60/55w, LED gak kefoto πŸ˜†

Pengujian, saia lakukan sendiri, dengan media headlamp standar Honda CB150R tanpa rubahan apapun. Kondisi malam, dengan jarak sorot dari headlamp ke tembok sekitar 2,5 meter. Posisi motor tidak dirubah sejak awal, dengan standar tengah.

Pertama, simak dulu pancaran LED corong ini. Urutan gambar, diawali dengan kondisi lampu dimatikan. Eh iya, sekedar informasi, saia sudah aplikasi switch lampu punya Vixion, jadi bisa deh dimatikan AHO alias lampu depannya :mrgreen:

led-rtd-offLED, yang dijuluki corong ini, karena sisi LED nya ada di bagian depan, makanya, sorotan terkumpul di satu titik. Fokus, tapi kurang lebar, karena tidak dipantulkan oleh reflektor.

led-rtd-lowLumayan hemat sih pemakaian dayanya yang berkisar hanya 6 watt, juga lumayan terangnya. Warna putih, yang jelas, kalau hujan, juga lumayan tidak terlihat menyoroti aspal basah πŸ™„ Selain minus kurang lebar area sorotan, kendala memang kala hujan. Saat posisi Hi, LED menyala lebih terang, jadi, beda dengan bohlam biasa. Lebih gamblangnya sih, kalau di LED, adalah redup-terang, bukan jauh-dekat seperti pada bohlam biasa.

led-rtd-highOke, lanjut sesi kedua. Saia preteli headlamp, ganti bohlam dengan H4 Life, orisinil bawaan CB150R. Kondisi OFF tidak saia tampilkan yak, kan sama saja, gelap πŸ˜† πŸ˜†

bohlam life ori, posisi low

bohlam life ori H4 60/55w, posisi low

Sorotan, berwarna kekuningan, dengan area tersorot lebih luas. Kalau posisi Hi, berikut hasilnya

life 60/55w, posisi high

bohlam life 60/55w, posisi high

Saat posisi high, menyala lebih terang dan lebih tinggi, maklum, daya saat hi adalah 60 watt.

Oke, lanjut ke sesi ketiga. Korbannya adalah Osram Rally H4 100/90w. Kondisi baru, merupakan serep/cadangan mobil punya bapak :mrgreen: Saat dipasang, dan posisi low, seperti ini hasil sinarnya

osram rally 100/90w posisi low

bohlam osram rally 100/90w posisi low

Jelas, lebih terang daripada H4 Life. Lha wong dayanya beda, hampir 2 kali lipat. Sama, saat diposisikan ke high, sinar lebih terang dan tinggi, terlihat lebih putih sinarnya

bohlam osram rally 100/90w posisi high

bohlam osram rally 100/90w posisi high

Nah, sesi terakhir nih. Targetnya, adalah Osram Night Breaker/Osram NBR 60/55w. Bohlam spesial ini, dijualnya sepaket berisi 2 buah. Paket buat mobil ini mah, kan motor bohlamnya cuma 1 πŸ˜† Oke, langsung bongkar (lagi) headlamp Ciput. Beres, bohlam berkelir rada kebiruan ini siap dites. Seperti ini penampakan nyala saat posisi low

bohlam owram nbr 60/55w posisi lo

bohlam owram nbr 60/55w posisi lo

Wah, terang juga ya?? Kalo saia lihat, gak kalah terang dengan Osram Rally yang berdaya 2 kali lipat, 100w. Padahal, cuma 55w…hmmm. Mantap juga. Ini merupakan penampakan saat posisi di high

osram-nbr-highLebih terang dan lebih putih sinarnya. Cocok sih, dengan klaim pabrikan Osram, kalau produk NBR ini, diklaim lebih terang 200% dan lebih putih dari bohlam yang sama dayanya. Sebandinglah dengan harganya, hehehehe. Memang, berapaan sih, banderol Osram NBR? Saia beli di salah satu toko online, karena di Malang, susah bener ketemu jenis ini. Harga jual, kisaran IDR 210.000, dengan jaminan asli Osram. Beda toko beda harga sih, meski gak jauh banget selisihnya.

Jadi kesimpulan sementara saia, urutan dari terangnya adalah LED terbawah, kemudian H4 60/55w, disusul H4 100/90w dan paling terang H4 NBR 60/55w.

perbandingan-bohlam-h4-low

perbandingan-bohlam-h4-highOke, demikian tes ringan, perbandingan beberapa bohlam H4 pada Honda (Old) CB150R Streetfire. Di lain waktu, akan saia update dengan informasi yang lebih lengkap. Semoga berguna

13 comments on “Membandingkan, bohlam H4 headlamp Honda (Old) CB150R

  1. Dari ketiga lampu itu NBR panas gak bang???
    Dan aman gak buat perangkat headlamp-nya

    Kalo enggak mau saya cari itu lampu hahaha

    Like

    • sejauh hingga sekarang, aman mas pakai NBR
      asalkan watt sesuai dengan bawaan yaitu 55/60
      jangan dinaikkan gara-gara pingin lebih terang, bisa leleh reflektor dan teman-temannya

      Like

Leave a comment