Curhat Pemilik Yamaha All New Soul GT 125, mesin berisik dibilang normal

Pagi masbro..

Ada teman komunitas, 2 hari yang lalu curhat, via japri. Karena kebutuhan kerjaan, 20 Januari 2017  lalu, beliau menebus gres, Yamaha All New Soul GT 125 AKS SSS di salah satu dealer di Jakarta sono. Biasanya sih wira-wiri pake motor sport, karena kerjaan yang rada susah pake motor batangan, beli deh matic. Sekalian biar istrinya bisa pakai juga.

ryo1Awal pemakaian, nggak ada masalah. Sampe akhirnya, saat odometer baru menyentuh 800 km,  mulailah terdengar bunyi aneh dalam mesin.

ryo4Saat gas dilepas/ditutup, ada bunyi macam kemricik dari dalam mesin. Bertepatan dengan service 1, langsung  masukin bengkel resmi Yamaha Niaga , sekalian komplain bunyi tersebut pada tanggal 14 Pebruari 2017. Lha dalah, malah dibilang “biasa aja itu, part dalam mesin memuai” Begitu kata sang mekanik. Oke, selesai service dan ganti oli mesin sekaligus oli transmisi, pulang deh si abang berinisial R pemilik motor ini.

ryo5Karena suara berisik makin keras, tanggal 25 Pebruari 2071, dibawa lah ke dealer asal saat beli, Yamaha Niaga Palem. Klaim ke mekanik, sekaligus mengcross-cek mekanik sebelumnya yang bilang kalau bunyi itu wajar. Sempat adu debat sampai akhirnya sang kepala mekanik datang. Karena udah jengkel, keluhan nggak didengarkan, pemilik Soul GT ini menantang sekalian, coba dibandingkan dengan motor lain. Kebetulan, ada Soul GT punya konsumen juga service, odometer sekitar 800 km juga. Akhirnya, terbukti kalo motor  ini, memang berisik.  Analisa mekanik, lagi-lagi soal klep. Akhirnya, setel klep (lagi) dan dicoba, sedikit lebih baik. Aneh juga ya, motor baru sampe 2 x stel klep? Problem teratasi, dan motor pun bisa buat kerja, ya wira-wiri pp dr Gading Serpong ke Jakarta Utara  sekitar 68km.

Nasib baik, rupanya masih menjauh dari bro ini. Nggak lama setelah setel klep, bunyi berisik muncul lagi dan makin parah. Hampir mirip bunyi helikopter nih. Penasaran? Berikut rekaman dari sang pemilik

Pusing dan gerah, akhirnya inisiatif menelpon ke Call Center Yamaha. Dari pihak call center YAMAHA PUSAT ‘di rujuk’ ke YAMAHA PUTERA BSD yg terletak di Jalan Raya Serpong untuk lgs ketemu dgn Kepala Mekanik di situ. Begitu sudah sampai dan sang kepala mekanik sudah cek langsung kondisi motor,  diakui, memang mesin kasar dan berisik. Lalu, KepMek tadi ijin tes jalan si Soul GT. Kira-kira dipakai 20 km-an keliling area situ, akhirnya muncul statement yang dianggap lucu dan bertolak belakang  dengan keterangan awal. Justru dibilang “nggak ada masalah nih mas, bunyi biasa aja itu” Aneh kan?

Motor lalu naik pit, bongkar lagi. Seperti biasa, tersangka adalah klep dan kawan-kawannya. Coba distel, tetap saja. Cek pompa oli, mungkin oli nggak naik, nihil. Oli lancar, pompa normal. Pindah ke CVT, bongkar dan bersihkan, dan hasilnya? Tetap sama…

ryo3Akhirnya, selesai service keseluruhan dan  dibilang, “dipakai aja dulu mas, ntar kalau tambah berisik dan kasar, bawa kesini lagi aja”. Coba, apa gak sesat itu saran KepMek? Dengan hati dongkol, abang pemilik Soul GT berumur belum genap 2 bulan itu pun pulang dengan naik matic bersuara helikopter. Hingga artikel ini ditulis, belum ada kabar lagi, sementara karena ngeri, Soul GT gres ini dinonaktifkan dari pekerjaan. Ini merupakan rekaman suara berisik yang terbaru dari pemilik, simak deh masbro..

Yah, semoga pihak-pihak yang terkait, dalam hal ini pabrikan dan  jaringannya bisa memberikan solusi. Konsumen beli motor pake duit lho, masa cuma di PHP?

56 comments on “Curhat Pemilik Yamaha All New Soul GT 125, mesin berisik dibilang normal

  1. Bag rmh cvt sblh kiri sdh dibongkar semua tp entah mengapa para mekanik dr 2 dealer yg ane jabanin tdk ada satupun yg berinisiatif utk bongkar mesin.
    Ane selaku konsumen yg mempunyai motor keluaran yamaha ini bener2 kecewa baik terhadap perlakuan & pelayanan after salesnya

    Like

  2. Sama kaya kasus Honda Beat fi saya keluaran tahun 2012, Beberapa kali bolak balik ke AHASS tetap brisik kalau mesin sudah panas tepatnya pada sisi kipas pendingin mesin. Jawaban kepmek Ahass juga sama” ini normal pak” juga sempat dibandingkan dengan beat fi stock gudang belum berplat nomor, hasilnya memang sama brisiknya. Semenjak ganti oli MPX ke SPX dan BBM Pertamax agak mendingan saat pagi dipanasin tapi kalau mesin sudah panas di bawa jalan kemudian berhenti sesaat suara kasarnya keluar lagi dan keadaan itu berlangsung sampai sekarang.

    Like

  3. Pingback: All New Soul GT 125 yang berisik (lanjutan) | sekedar coretan

  4. Pingback: All New Soul GT 125 yang (masih) berisik | sekedar coretan

  5. Pingback: Enginasi, apaan sih? | sekedar coretan

  6. Saya baru ambil all new soul gt seken 2016, masih 6rb an kmnya..
    Abis beli langsung servis cek semua dan minta ganti kalo ada yg perlu diganti.. Ternyata nggak ada yg perlu diganti (selain oli mesin).
    Baru 2 minggu nih, ada bunyi helikopter juga, persis spt di video itu. Jadi malu diliatin orang di gang rumah, berisik bangeet..

    Ditunggu kabarnya ya kang, butuh pencerahan nih.
    Makasiih

    Like

  7. Ternyata banyak temennya. Motor soul gt 125 gw juga begitu. Serasa naek helikopter. Wakakak.
    Banyak kasus yg kayak begini. Dan semua dealer menyalahkan cuatomer, dgn dalih pemakaiannya gak bener.

    Like

  8. Klo bunyi kaya helikopter itu, pengalaman ane,. Tensioner nya udh jebol gan..mesti ganti.. DIJAMIN ga ada keluhan bunyi kasar lg..
    Ane jg gtu kasusnya..smoga bermanfaat..

    Like

  9. saya juga punya mio all new soul gt 125 semenjak bulan maret lalu… tapi punya saya bagus ngga kayak punya agan2 yg komplain… tarikannya juga mantap, bahkan faktanya dijalanan makin banyak yg pake all new soul

    Like

  10. Sama gan, punyaku tahun 2015 Juga berisik , akhirnya pergi kebengkel langganan dibongkar semua dan diganti noken ass dll , alhamdulillah sekarang dah agak mending , habis 800an benerin semuanya.

    Like

  11. Agan2 semua…
    Saya jg dpt pasien soul gt 125,malah the 2016
    Saya sudah gnt noken as karwna ancur, pelatuk, pokoknya d head baru semua…
    Tp ad suara helicopter juga, saran temen, soul gt 125 riskan Stang sehernya kena

    Like

  12. Liat stori agan di atas sama kaya kasus saya, motor baru sudah ganti gardan 2 kali seting klep 2 kali dan kipas CVT pernah jeboll,, sudah bulak balik masuk bengkel malah tambah parah dan sekrang motor total down tidak dapat dipakai

    Like

  13. Saya juga menggunakan soul gt 125 blue core mas, akhirnya saya turun mesin dan yang terjadi adalah tonjokan sehernya rusak dan harus di ganti…

    Like

  14. Motor saya juga pernah berisik kayak suara mesin kelapa..😁. Di bengkel resmi katanya masalah bagian kruk as. Ternyata setelah coba bongkar di bengkel rumahan ( mantan mekanik kompetitor). Bearing noken as dh aus, jadi langsung ganti dan dh halus lagi mesinnya n sekalian ganti rantai keteng…

    Like

  15. Coba ganti oneway staternya bro, yg ori ya. Dijamin halus lagi, biasanya anak motor lebih tahu dari pada tukang service karbitan. Good luck

    Like

  16. camshaft/noken as itu ada yg terkikis biasanya pas di cekungan pin dekompresi. penyakit hampir sama di motor fino 125. solusi ganti camshaft atau di las bagian nok dekompresinya, akibatnya klo di las gak bisa pake dekompresi (starter jadi agak berat).

    Like

  17. Coba periksa bagian penindis rantai kecilnya. Ini biasa x klau fungsi mainnya SDH brkurang. Atau cek bagian camshaft x biasanya Aus dipermukaannya jg bagian piano klepnya. APA lahar x oblak atw tidak. Ini semua biasanya krn kurangnya perawatan khususnya prgantian oli mesin.

    Like

  18. saya pernah mengalami hal seperti ini. waktu itu beli baru, pemakaian odometer 1500km bunyi seperti helikopter mau meledak. saya langsung bawa ke bengkel yamaha deket rumah. langsung di tangani. diagnosa kalisioner(tonjokan rantai keteng) tidak dipungut biaya alias free. alhamdulillah sampe skrng normal walaupun dipakai buat ojol setiap hari

    Like

  19. Sama bang ni punya ane baru terjani percis suara baling” helikopter yang parahnya lagi tarikan nya ilang, sama sepedah roda tiga anak saya cepetan sepedah anak saya lariny, nyesel teramat sangat beli soul GT 125 sss mesin sama bodi gak sesuai

    Like

  20. Coba dibawa ke bengkel biasa.. kalo menurut saya itu masalah di blok mesinnya krna saya prnh mengalami itu mengalami per”an dalam mesin patah bkn “per cvt”
    atau ngga bawa ke bengkel biasa yg perlengkapan bengkelnya lengkap.. nanti disana aduin keluhannya aja biasanya diberikan solusi lebih baik dibanding bengkel resmi krna saya prnh mengalami suasana yg gaenak jg saat servis rutin ataupun ganti oli dibengkel resmi dengan alasan tidak masuk akal

    Like

  21. mirip kasusny dengan ku… awal2 sewaktu masih garansi dibilang biasa.. gpp.. ga masalah, setaelah kelar service gratisny baru dah dibilang ini musti ganti ini dah ga bagus.. padahal kasusny sama 😀

    Like

  22. baru ya main Yamaha ? Kalo mau halus, Nyaman, Irit main Honda aja, kalo suka ngebut, lincah2an, suka oprak oprek mesin , gak mempermasalahkan bahan bakar, suka performa serta tidak mempermasalahkan shocknya yg jeduk2 karena di Indonesia jalannya mulus2 tapi ancur dan banyak jebakan batmannya ya main Yamaha, kalo suka desain unik unik buatan jepang ya main suzuki, gak ada masalah bunyi gitu di Soul GT 125, pake2 aja. kalo punya duit lebih kenapa gak main Piaggio aja yg mewah, nyaman dan bandel mesinnya banyak tuh Vespa2 moderen eksklusif buat gaya mas yg kantoran , Yamaha cuma buat orang2 yg berjiwa keras dan berani oprak oprek, kalo mas money power beli sekelas Piaggio Vespa.

    Like

  23. Motor saya sama persis masalahnya. Tipe motornya juga sama. Yg pertama bisa sembuh. Trus yg ke 2 sembuh lg. Jelang beberapa bulan kambuh lg. Dan skrng lg di bengkel.
    Klo mau coba bawa aja ke Yamaha resmi cemapa putih dkt rumah sakit Islam.

    Like

  24. kasus sama setelah pemakaian jalan 2tahun kilometer renda, krn jarang dipake, oli rutin, service cvt rutin 1tahun sekali krn jarang pake, baru td pagi suara mesin tiba” klotok” di bagian kipas

    Like

Leave a comment